Tak Berkategori

Pramuka Siaga Dukuhwaru Diuji Kecakapan Garuda

Pramuka Siaga Kwarran Dukuhwaru Siap Jadi Pramuka Garuda

Sebanyak 28 anggota Pramuka Siaga Kwartir Ranting (Kwarran) Dukuhwaru Kabupaten Tegal mengikuti Uji Pramuka Garuda pada hari Rabu, 27 Januari 2021. Di SDN 04 Blubuk Kecamatan Dukuhwaru. Materi kegiatan ini terdiri dari wawasan kebangsaan, penguasaan bacaan surat pendek Al Qur’an Dwi Dharma serta Dwi Satya.

Ketua Kwarran Dukuhwaru, Kak Nurchikmah berpesan kepada semua peserta agar tetap semangat dan lulus uji serta dapat meraih predikat Pramuka Garuda Siaga.

“Kakak berharap, 28 anggota Pramuka Siaga ini dapat lulus uji dan meraih predikat Pramuka Garuda Siaga,” tuturnya

Ketua Tim Penguji, Kak Suharjo memberikan apresiasi tinggi kepada Kwarran Dukuhwaru yang telah bergerak mengajukan Uji Pramuka Garuda di awal tahun ini.

“Kakak memberi apresiasi. Karena mulai tahun ini, Piagam Pramuka Garuda menjadi satu berkas yang bisa dipertimbangkan untuk masuk di Sekolah Menengah Pertama (SMP),” ungkapnya

Sekretaris Bidang Binamuda Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Tegal, Kak Suharjo mengatakan, Kwarran Dukuhwaru menjadi Kwarran pertama yang sudah melaksanakan Uji Pramka Garuda di tahun 2021.

“Harapannya, tidak hanya Pramuka Siaga saja yang diuji. Segera diusulkan golongan Pramuka Penggalang dan Pramuka Penegak untuk melaksanakan Uji Pramuka Garuda,” ungkapnya

Ia menjelaskan, kegiatan ini sejalan dengan program Kwartir Daerah (Kwarda) yang akan menyiapkan 50.000 Pramuka Garuda di Jawa Tengah. Karena, Pramuka Garuda ini merupakan predikat tertinggi di golongannya. Oleh karena itu, Kwarda Jawa Tengah berharap masing-masing Kwarcab dapat mencetak sedikitnya 2000 orang Pramuka Garuda di tiap tahunnya.

“Kwarcab Kabupaten Tegal telah bergerak cepat untuk memberikan jalan untuk para pramuka Siaga, Penggalang, Penegak, dan Pandega untuk mengajukan Uji Pramuka Garuda melalui Gugus Depan masing-masing,” ungkapnya

Untuk diketahui, Tim Uji Pramuka Garuda di bagi menjadi tiga tim, masing-masing. Kak Suharjo dan Kak Nurchikmah menguji Wawasan Kebangsaan. Kak Nurkhakim menguji penguasan bacaan surat pendek Al Quran, dan Kak Faisal menguji Dwi Dharma dan Dwi Satya. (Ditulis oleh Kak Faisal)

Anda mungkin juga suka...

2 Komentar

  1. I have read your article carefully and I agree with you very much. So, do you allow me to do this? I want to share your article link to my website: Sign Up

  2. At the beginning, I was still puzzled. Since I read your article, I have been very impressed. It has provided a lot of innovative ideas for my thesis related to gate.io. Thank u. But I still have some doubts, can you help me? Thanks.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *